Rabu, 27 Maret 2013

Keuntugan dan Kerugian Menggunakan Komputer

Keuntungan Menggunakan Komputer
Kecepatan: Data, instruksi, dan arus informasi di sepanjang sirkuit elektronik di komputer mengalami perjalanan dengan sangat cepat. Banyak komputer mampu memproses miliaran atau triliunan operasi dalam hitungan detik. Contohnya seperti pengolahan yang melibatkan komputasi (misalnya, menambahkan, mengurangkan), pengorganisasian, rendering gambar 3d, menampilkan gambar, merekam suara, bermain musik dan menampilkan film atau video.
Keandalan: komponen elektronik dalam komputer modern dapat diandalkan karena mereka jarang istirahat atau gagal.
Konsistensi: Mengingat input dan proses yang sama, komputer akan menghasilkan hal yang sama secara konsisten. Sebuah frase komputasi - dikenal sebagai sampah masuk, sampah keluar – poin bahwa akurasi output komputer tergantung pada keakuratan input. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan lampu kilat pada digital kamera ketika di dalam ruangan, gambar yang dihasilkan yang ditampilkan pada layar komputer mungkin tidak dapat digunakan karena terlalu gelap.
Penyimpanan: Sebuah komputer dapat mentransfer data dengan cepat dari penyimpanan ke memori, memprosesnya, dan kemudian menyimpannya lagi untuk penggunaan masa depan. Banyak komputer menyimpan sejumlah besar data dan membuat data ini tersedia  untuk pengolahan kapan itu dibutuhkan lagi.
Komunikasi: Sebagian besar komputer saat ini dapat berkomunikasi dengan komputer lain, sering nirkabel. Komputer dengan kemampuan dapat berbagi pengolahan empat informasi siklus operasi yaitu  input, proses, output, dan storage dengan komputer lain atau pengguna. Contohnya seperti jaringan komputer di warnet atau wireless.
Kerugian Menggunakan Komputer
 Pelanggaran Privasi: Hampir setiap peristiwa hidup disimpan di suatu tempat di dalam komputer.  Seperti catatan medis, laporan kredit, catatan pajak, dll. Contohnya dalam banyak kasus, di mana data pribadi dan catatan rahasia yang tidak dilindungi benar, orang telah menemukan mereka privasi dilanggar dan identitas dicuri. Contoh dari pelanggaran privasi antara lain yaitu semisal carding melalui internet
Dampak terhadap Angkatan Kerja: Meskipun komputer telah meningkatkan produktivitas dalam jumlah banyak dan menciptakan ratusan ribuan pekerjaan baru dalam seluruh industri, keterampilan jutaan karyawan telah diganti oleh komputer. Jadi, sangat penting bahwa pekerja mereka tetap up-to-date pendidikannya. Dampak tersendiri pada angkatan kerja contohnya adalah bahwa beberapa companies outsourcing pekerjaan kemancanegara bukannya mereka menjaga tenaga kerja tanah air.
Resiko Kesehatan: Penggunaan komputer berkepanjangan atau penggunaan tidak layak dapat menyebabkan cedera atau gangguan ditangan, pergelangan tangan, siku, mata, leher, punggung bahkan pada mata. Contoh gangguan pada leher misalnya leher akan terasa sakit atau pegal.
 Dampak Lingkungan: Proses manufaktur komputer dan limbah komputer menghabiskan sumber daya alam dan mencemari lingkungan. Ketika komputer yang dibuang di tempat pembuangan sampah, mereka dapat melepaskan bahan beracun dan berpotensi berbahaya contohnya seperti timbal, merkuri, dan api. Yang kemudian dapat mencemari lingkungan dan ekosistem yang dapat pula mempengaruhi kesehatan makhluk hidup di sekitar tempat pembuangan komputer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar